WARTA 24 JAMBI

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Air Sungai Batanghari Terus Meningkat. Beberapa Daerah Mulai ...

Posted by On 19.24

Air Sungai Batanghari Terus Meningkat. Beberapa Daerah Mulai ...

Musibah Banjir

Air Sungai Batanghari Terus Meningkat. Beberapa Daerah Mulai Terendam

Air Sungai Batanghari Terus Meningkat. Beberapa Daerah Mulai Terendam, namun belum begitu mengkhawatirkan.

Air Sungai Batanghari Terus Meningkat. Beberapa Daerah Mulai TerendamTRIBUNJAMBI/ZULKIFLI

TRIBUNJAMBI.COM - Air Sungai Batanghari Terus Meningkat. Beberapa Daerah Mulai Terendam, namun belum begitu mengkhawatirkan.

Meski demikian, hingga kini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi belum menetapkan siaga banjir daerah.

Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah mengatakan, untuk membentuk satgas siaga banjir daerah ada beberapa prosedur yang harus dilakukan. Satu diantaranya adalah soal ketinggian muka air.

Kata Bachyuni, saat ini tinggi muka air yang terpantau belum begitu tinggi. BPBD akan mengeluarkan status level III apabila tinggi muka air yang terpantau ditanggo Rajo sekitar 13,87. Namun pantauan pada pukul 17.00 wib tinggi muka air sekita 13,30 meter.

"Selain itu harus ada laporan dari daerah, minimal tiga kabupaten yang terkena banjir," kata Bachyuni.

Setelah mendapatkan laporan dari daerah, pihaknya akan berkoordinasi dengan Basernas, BMKG, Polair dan instansi lainnya.

Ditanya kesiapan mereka menghadapi musibah banjir ini Bachyuni mengatakan bahwa mereka sudah siap menghadapinya. Bahkan semua perlengkapan sudah stand by, seperti tenda pengungsian, dapur umum, perahu karet, perahu ampibi dan perlengkapan lainnya.

"Yang terpenting personil. Trus Basarnas juga menyatakan siap untuk membantu kita," sebutnya.

Informasi yang didapat dari group WhatsApp BMKG, tin ggi Muka Air (TMA) Sungai Batanghari yg terukur tanggal 30 Nov 2017 jam 07.00 WIB pada Pos Ancol-Tanggo Rajo menunjukkan angka 13.25 MDPL. Mendekati batas SIAGA IV untuk Kota Jambi (13.85 MDPL). Sedangkan hasil pengukuran BPBD Batanghari pada Dermaga Muara Bulian justru mencapai 283 cm yg berarti SIAGA II-KRITIS dan mendekati Kategori SIAGA 1-BENCANA Bagi Kab. Batanghari yaitu pada level 301 cm.

Baca: Wisata Baru Bukit Simancik di Sungai Penuh Mulai Ramai, Namun Masih Terkendala Hal Ini

Baca: Janda Ini Bikin Seisi Bank Langsung Sibuk Saat Kartunya Keluar, Setelah Dihina Mengambil Uang

Cepatnya peningkatan TMA Sungai Batanghari ini merupakan dampak dari tingginya curah hujan di bagian hulu pada Dasarian III November. Hasil analisis curah hujan Nov Das III menunjukkan bahwa curah hujan bagian hulu mencapai kategori TINGGI-SANGAT TINGGI kecuali di sebagian besar Kab. Kerinci. Sebaliknya curah hujan di bagian Hilir justru berada pad a kategori RENDAH dan bersifat Dibawah Normal (BN). Hal ini seolah menegaskan bahwa banjir di Kota Jambi dan bagian hilir adalah sebuah banjir kiriman.

Hasil Monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) memperlihatkan bahwa sudah tidak terjadi hujan berturut-turut dalam Kategori Pendek (1-5 hari) di sebagian besar Provinsi Jambi, kecuali pada Kab. Sarolangun dan Merangin yg masih terjadi hujan pada tanggal update yaitu 30 November. Prediksi Probabilitas Dasarian untuk Desember Das I menunjukkan peluang curah hujan pada Kategori MENENGAH (51-150 mm/das) masih cukup besar, walaupun muncul peluang hujan kategori RENDAH di sekitar Tebo dan sebagian Bungo. Dengan kata lain, hujan masih berpeluang terjadi namun tidak sebanyak pada Periode November Das III.

Implikasi dari kondisi ini adalah akan melambatnya peningkatan TMA Sungai Batanghari dan bahkan cenderung tertahan. Namun untuk menjadi surut perlu waktu yg lebih lama karena masih ada hujan walaupun tidak merata dan terhambatnya pro ses keluarnya air sungai menuju laut akibat adanya pasang maksimum sebagai respon dari Bulan Purnama beberapa hari kedepan.

Musim hujan belum berakhir, Staklim Jambi memprediksi bahwa sepanjang periode Desember 2017-Februari 2018 curah hujan bagian hulu cenderung TINGGI. Maka peluang fluktuasi TMA Sungai Batanghari masih bisa terjadi. jadi kewaspadaan banjir masih harus terus ditingkatkan, dan upaya pertanaman pada sawah yg dekat bantaran sungai sebaiknya ditunda.

Penulis: muzakkir Editor: fifi Ikuti kami di Tak Sengaja Rekam Penampakan Wanita saat Main Kora-kora, Konon Korban Tewas di Wahana Itu Sumber: Google N ews | Warta 24 Batanghari

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »